Nama Anggota Kelompok : 1. Dennis Adam / 32413180
2. Fuam Rezki Syaiqo / 33413598
2. Fuam Rezki Syaiqo / 33413598
3.
Hakim Maulana Taher / 33413847
4.
Puspa Ayu Tria Novia / 36413962
Berikut adalah 10 jenis produk/jasa yang
memilikir prospek cerah dimasa yang akan dattang:
Produk
1. Meja
laptop
2. Topi
3. Sepatu
4. Baju
5. Sosis
Jasa
1. Laundry
2. Travel
3. Coffee
Shop
4. Fotocopy
5. Penyewaan
Berikut adalah 10 jenis produk/jasa yang
memiliki prospek cerah dimasa yang akan datang:
No
|
Identifikasi Usaha
|
Nilai Fungsional
|
1
|
Meja Laptop
|
Membantu memudahkan dan konsumen
untuk menggunakan laptop agar nyaman
saat bekerja
|
2
|
Produksi Topi
|
Menyediakan berbagai macam topi
untuk kebutuhan sekolah maupun event-event
tertentu yang mengharukan menggunakan topi
|
3
|
Produksi Sepatu
|
Menyediakan berbagai macam sepatu
untuk kalangan anak muda
|
4
|
Clothing
Line
|
Menyediakan jasa pemesanan baju
dalam jumlah besar atau menggunakan design sendiri
|
5
|
Produksi Sosis
|
Menjual makanan sosis dengan
kualitas yang baik untuk diolah kembali menjadi berbagai macam olahan makanan
|
6
|
Laundry
|
Membantu Untuk
meringankan pekerjaan Ibu Rumah Tangga yang bekerja, mahasiswa perantauan,
dan para perkerja.
|
7
|
Travel
|
Membantu konsumen untuk bepergian
dengan menyediakan transportasi yang nyaman dan aman
|
8
|
Coffe
Shop
|
Menyediakan
suatu tempat yang nyaman untuk kegiatan bersosialisasi
|
9
|
Fotocopy
|
Menyediakan
tempat untuk mencetak dokumen bagi mereka yang tidak memiliki perangkat
tersebut.
|
10
|
Rental Mobil
|
Menyediakan berbagai macam mobil
untuk digunakan konsumen yang sedang berlibur maupun yang sedang membutuhkan
transportasi
|
Berikut adalah alasan mengapa dipilih 10
produk dan jasa tersebut:
No
|
Usaha
|
Alasan
|
1
|
Meja Laptop
|
Banyaknya para pelajar maupun para
pekerja kantoran sekarang ini menggunakan laptop saat mereka sedang melakukan
pekerjaannya. Tidak hanya untuk mengerjakan pekerjaan namun banyak juga yang
menggunakan laptop untuk bermain game atau sekedar ingin melihat lihat took online. Untuk memudahkan mereka yang
menggunakan maka kami ingin memproduksi meja laptop dengan senyaman mungkin
untuk digunakan.
|
2
|
Produksi Topi
|
Seperti yang kita lihat banyak sekolah
yang mengharuskan muridnya untuk mempunyai topi sekolah, mulai dari TK hingga
SMA. Tidak hanya pelajar saja namun anak muda jaman sekarang yang senang menggunakan
topi untuk memperindah penampilan mereka dengan design keinginan mereka. Maka
dari itu kami menyediakan produksi topi dengan design sendiri.
|
3
|
Produksi Sepatu
|
Dijaman sekarang ini banyak anak muda
yang menggunakan sepatu untuk bepergian, tak hanya anak muda saja orang
dewasa pun ingin tampil awet mudah dengan menggunakan sepatu model masa
sekarang. Kami memilih memproduksi sepatu dengan model sesuai trend.
|
4
|
Clothing
Line
|
Banyaknya anak muda maupun orang
dewasa yang ingin memiliki design sendiri untuk bajunya. Misalkan, ingin
menggunakan nama mereka sendiri ataupun tidak. Disini kami memilih clothing
line untuk menyediakan jasa pembuatan baju sesuai pesanan dengan jumlah
banyak ataupun tidak. Kami juga menjual berbagai macam jenis baju mulai dari
bahan hingga designnya.
|
5
|
Produksi Sosis
|
Sosis sangat digemari semua orang,
namun banyak sosis yang tidak diketahui komposisinya. Kami disini menjual
sosis dengan kandungan berbahan aman dan berkualitas.
|
6
|
Laundry
|
Seiring dengan
perkembangan zaman dan tuntutam biaya hidup yang semakin tinggi tidak
memungkiri banyaknya ibu rumah tangga yang menjadi wanita karier. Tidak hanya ibu rumah tangga saja, mahasiswa
yang sedang merantau dan para karyawan perusahaan yang jauh dari kampung
halaman pun membutuhkan jasa laundry untuk mencuci pakaian mereka. Laundry inilah
solusi untuk mereka yang tidak ada waktu untuk mencuci pakaian karena
kesibukan masing-masing.
|
7
|
Travel
|
Saat ini banyak sekali orang yang
ingin bepergian ke antar kota untuk sekedar berlibur atau untuk menuntut
ilmu. Banyak dari mereka yang ingin pergi ke kota tujuan dengan transportasi
yang nyaman dan aman namun tidak banyak orang didalam transportasi tersebut. Maka
dari itu kami memilih jasa travel untuk solusi bagi mereka yang ingin lebih
nyaman dan tidak terganggu dengan banyaknya orang.
|
8
|
Coffe
Shop
|
Saat ini tempat
makan yang dicari dari berbagai kalangan usia bukan hanya dari segi rasa dan
harga, tetapi juga dari keunikan dan penampilan tempat tersebut. Karena
tempat makan bukan hanya untuk menikmati makananan dan minuman namun juga
digunakan untuk mengabadikan momen mereka, terlebih lagi untuk kalangan anak
muda mereka membutuhkan tempat yang nyaman untuk mengerjakan tugas sekolah
atau kuliah. Kami memilih caffe shop yang bertujuan untuk menyediakan suatu
tempat yang nyaman untuk kegiatan bersosialisasi
|
9
|
Fotocopy
|
Para pelajar saat
ini kebanyakn membuat tugas melalui laptop. Tetapi tidak semua pelajar
memiliki printer untuk mencetak tugas mereka. Kami memilih usaha fotocopy yang nantinya menyediakan tempat untuk
mencetak dokumen bagi mereka yang tidak memiliki printer dengan harga bagi
para pelajar.
|
10
|
Rental Mobil
|
Saat ini banyak sekali keluarga yang
bepergian keluar kota atau tempat-tempat wisata dibeda provinsi. Terkadang mereka
menggunakan transportasi udara untuk menuju kota tujuan, sehingga pada saat
sampai kota tujuan mereka tidak memiliki alat transportasi pribadi untuk
berkeliling kota tersebut. Maka dari itu kami menyediakan jasa rental mobil
untuk memudahkan transportasi mereka di kota tujuan untuk berkeliling
menikmati tempat-tempat wisata.
|
Setelah melakukan analisis makro seperti
diatas, berikut ini akan dilakukan analisis mikro dengan mempertimbangkan factor
internal meliputi penguasaan sumber daya seperti lingkungan, peralatan dan
finansial, penguasaan knowledge dan skill, serta
penguasaan manajemen dan jejaring sosial. Faktor eksternal meliputi peraturan
pemerintah, tingkat permintaan dan penawaran, persaingan, resiko, dana prospek
ekonomi baik lokal, regional, nasional maupun global.
Analisis
Swot
Analisis
Swot adalah identifikasi beberapa paktor secara sistematis untuk
merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat
memaksimalkan strength dan opportunities, namun secara bersamaan dapat
meminimalkan weaknesses dan threats. Strength, weakness, opportunity dan threat
merupakan faktor - faktor strategis perusahaan yang perlu di
analisis dalam kondisi yang ada saat sekarang ini. Analisis SWOT memiliki
beberapa analisa yang terbagi dalam beberapa komponen dasar. Analisa ini
terbagi atas empat komponen dasar yaitu :
· S
= Strength
Yaitu situasi atau kondisi yang
merupakan kekuatan dari organisasi atau program pada saat ini.
· W
= Weakness
Yaitu situasi atau kondisi
yang merupakan kelemahan dari organisasi atau program pada saat ini.
· O
= Opportunity
Yaitu situasi atau kondisi yang
merupakan peluang di luar organisasi dan memberikan peluang berkembang
bagi organisasi di masa depan.
· T
= Threat
Yaitu situasi yang merupakan
ancaman bagi organisasi yang dating dari luar organisasi dan dapat mengancam
eksistensi organisasi di masa depan.
Analisis
Swot Laundry
1. Strength (S)
a. Memiliki tujuan usaha
b. Tempatnya yang strategis
c. Ruangannya menggunakan kipas angin
d. Kemampuan karyawan dalam melayani pelanggan
e. Mempunyai cabang dimana-mana
f. Harganya terjangkau dan relatif murah
g. Hasilnya memuaskan, pakaian harum dan bersih
h. Terima kiloan dan satuan (boneka, jas)
i. Jam buka dari jam 08 am – 10 pm
j. Memiliki SDM yang telah berpengalaman
dibidang menyuci dan menyetrika
2. Weakness
(W)
a. Karyawan
keluar jam kerja tanpa izin
b. Pengelola
jarang mengontrol
c. Karyawan
masuk jam kerja tidak tepat waktu sesuai dengan jam kerja
d. Sering
terjadi kekeliruan dalam membungkus pakaian
e. Terima
gaji tidak tepat waktu
f. Sering
mengalami kendala jika di musim hujan
g. Barang nya
diantar jemput oleh pusat, sehingga waktunya paling cepat 2 hari siap
3. Opportnities
(O)
a. Berada ditempat strategis
b. Bekerja sama dengan pusat De Nofuk loundry.
c. Berada ditempat wilayah anak kos
d. Jauh dari usaha loundry yang lain disekitar
e. Mengurangin waktu dan tenaga konsumen yang
sedang sibuk beraktifitas
4. Threats
(T)
a. Adanya teknologi
yang lebih canggih dalam pengeringan pakaian
b. Adanya
harga pesaing yang lebih murah pada saat promosi
c. Strategis
mudah ditiru
d. Munculnya
pesaing asing
e. Konsumen
semakin sensitif terhadap harga
Faktor
eksternal dan internal Laundry
Faktor internal laundry
1. Strongth
a) Telah memiliki izin
usaha sewaktu bial ada pemeriksaan dan petugas maka De Nofuk laundry telah
memenuhi persyaratan dalam membuka usaha jasa
b) Mempunyai usaha lain
c) Dilengkapi dengan
tempat parker kendaran roda dua
d) Ruangan menggunakan kipas angin sehinggga
para karyawan merasa nyaman ketika beraktivitas
e) Mempunyai karyawan
yang mengerti keimanan atau kepuasan karyawan
2. Weakness
a) Adanya
teknologi yang lebih canggih dalam pengeringan pakaian
b) Mengelola
jarang mengontrol ketempat usaha sehingga para karyawan merasa bebas dan tidak
terikat dengan peraturan dan jadwal yang telah ditetapkan
c) Pelanggan
kadang mengeluh karena kekeliruan dalam mengambil atau pembungkusan pakaian
tidak sesuai dengan pemilik pelanggan
d) Kelemahan De
Nofuk Laundry juga dalam memberi gaji karyawan tidak pada tepat waktunya.
Faktor exsternal De Nofuk Laundry
1) Opportunity
a. Berada di
tempat strategis yang bias dijangkau oleh masyarakat
b. De Nofuk Laundry
bekerjasama Laundry cabang
2) Treat
a. Adanya
ketidak puasan pelanggan sehingga pelanggan akan berpindah ke usaha jasa lain
karena adanya pelayanan- pelayanan yang tidak memuaskan.
Tabel
Analisis Swot
E/I
|
S
|
W
|
OP
|
Mempunyai usaha lain, Berada ditempat
strategis
|
- Sering
terjadi kekeliruan dalam
membungkus
pakaian
- Terima
gaji tidak tepat waktu
-
Mengurangin waktu dan tenaga
konsumen yang sedang sibuk beraktifitas
|
TH
|
-
Adanya teknologi yang lebih
canggih dalam pengeringan pakaian
-
Adanya harga pesaing yang lebih murah
pada saat promosi
|
-
Munculnya pesaing asing
-
Konsumen semakin sensitif
terhadap harga
-
Karyawan keluar jam kerja tanpa
izin
-
Pengelola jarang mengontrol
|
ANALISIS
SWOT SEPATU
Faktor Internal Sepatu
1. Kekuatan
(Strength) adalah:
a.
Kegiatan promosi yang dilakukan
perusahaan cukup beragam
b.
Selalu melakukan penelitian
c.
Pengembangan produk dilakukan tiga bulan
sekali
d.
Hubungan antara atasan dan bawahan baik
e.
Penggunaan teknologi mesin
f.
Metode pengetesan karyawan dengan jasa
outsourcing
2. Kelemahan
(Weakness)
a.
Karyawan atau staff tidak disiplin
b.
Adanya masalah piutang yang tidak
dibayar
c.
Keterlambatan pembayaran dari konsumen
Faktor Eksternal Sepatu
1. Peluang
(Opportunity) maupun konsumen. Kerjasama dengan pemasok bertujuan menjaga
ketersediaan bahan bakuyang
berkualitas, sedangkan kerjasama
dengan distributor dan
konsumen bertujuanmempermudah kegiatan
pemasaran yang berpengaruh terhadap peningkatan penjualan.
a.
Supplier bahan baku mudah didapat karena
dekatnya dengan rumah industri.
b.
Dekat akses jalan tol
c.
Lokasi pergudangan dekat dengan
pelabuhan
d.
Rumah industri dekat dengan relasi dan
pemukiman penduduk
e.
Terjalinnya hubungan yang sangat baik
antara atasan dan bawahan
f.
Peluang mendapatkan tenaga
kerja yang berkualitas dan kesempatan kerja
bagi penduduk sekitar yang pada gilirannya dapat mengurangi
pengangguran.
g.
Perusahaan menjalin kerjasama yang kuat
dengan mitra baik pemasok, distributor
2. Ancaman
(Threat)
a.
Masuknya pesaing asing yang dapat
melemahkan posisi perusahaan.
b.
Adanya pendatang baru dan lama yang
memproduksi produk sejenis.
c.
Kebutuhan sepatu yang
tidak menentu menjadi
ancaman perusahaan karena
mengakibatkan penurunan daya beli konsumen terhadap sepatu dan yang berpengaruh terhadap volume penjualan.
Tabel
Analisis Swot
E/I
|
S
|
W
|
OP
|
Perusahaan dekat dengan pemukiman
warga sehingga memudahkan untuk promosi awal produk.
|
Para pekerja
didapatkan dari warga sekitar sehingga pekerja kurang disiplin dalam
melakukan pekerjaan.
|
TH
|
Pekerja yang didapat melalui
outsourcing, sehingga jika terjadi penurunan produksi maka pekerja bisa
dikurangi.
|
Produk sejenis banyak memproduksi
sehingga pesaing terus bertambah.
|
ANALISIS
SWOT USAHA FOTOCOPY
Faktor
Internal Usaha Fotocopy
1. Strength (Kekuatan)
a. Sumber daya manusia yang unggul baik
dari segi kuantitas maupun kualitas.
b. Memiliki modal yang cukup.
c. Kemampuan dalam tataran konsep dan
praktek.
d. Hasil fotocopy yang bagus karena
mesin baru dan terawat.
e. Kemampuan melakukan pengembangan
usaha karena dari unit usaha ini akan mampu menyediakan kebutuhan dan keinginan
yang lain.
f. Memiliki relasi bisnis fotocopy yang
banyak.
2. Weakness (Kelemahan)
a. Pengelola masih berstatus mahasiswa,
memungkinkan fungsi kontrol yang kurang baik.
b. Jam kerja harus menyesuaikan dengan
waktu perkuliahan.
c. Sulitnya koordinasi antara pemilik
usaha dengan pengelola usaha.
Faktor
Eksternal Usaha Fotocopy:
1. Opportunity (Peluang)
a.
Kecenderungan
mahasiswa memfotocopy materi kuliah daripada membeli buku.
b.
Dekat
dengan pangsa pasar dan aktivitas administrasi.
c.
Mampu
mengerjakan pekerjaan dalam partai besar karena pengelola memiliki akses yang
banyak.
2. Threats
(Tantangan)
a.
Mengalami
kesulitan dalam perkembangan usaha, karena usaha baru berada pada fase
perintis.
b.
Tingginya
biaya operasional ketika usaha baru mulai berdiri.
c.
Belum
memahami karakter konsumen.
Tabel
Analisis Swot
E/I
|
S
|
W
|
OP
|
Dekat dengan pasar dan aktivitas
administrasi, memiliki modal yang cukup
|
Pengelola
masih berstatus mahasiswa, memungkinkan fungsi kontrol yang kurang baik
sehingga Mengalami kesulitan dalam perkembangan usaha, karena usaha baru
berada pada fase perintis
|
TH
|
Hasil
fotocopy yang bagus karena mesin baru dan terawatt namun belum memahami
karakter konsumen
|
Sulitnya
koordinasi antara pemilik usaha dengan pengelola usaha
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar