Jumat, 13 Januari 2017

Makalah Kewirausahaan Topik 2

Definisi Perencanaan :
Perencanaan adalah sebagai perkembangan sistematis dari program tindakan yang ditujukan pada pencapaian tujuan bisnis yang telah disepakati dengan proses analisa, evaluasi, seleksi diantara kesempatan-kesempatan yang di prediksi terlebih dahulu.
·         Jenis – Jenis Perencanaan
1.       Perencanaan strategis
Perencanaan ini adalah perencanaan jangka panjang yang dipusatkan pada organisasi secara menyeluruh. Wirausahawan memandang organisasi sebagai suatu unit total dan memutuskan apa yang hendak dilakukannya dalam jangka panjang untuk mencapai tujuan organisasinya.
1.       Perencanaan taktis
Perencanaan ini adalah perencanaan jangka pendek yang menekankan pada operasi berbagai bagian organisasi yang sedang berjalan. Wirausahawan menggunakan sistem rencana ini untuk menguraikan apa yang harus dilakukan oleh berbagai bagian organisasi untuk mencapai keberhasilan dalam kurun waktu satu tahun atau kurang dari satu tahun.
·         Perencanaan dan Tingkatan Manajemen
Perencanaan (planning) merupakan proses dasar bagi organisasi untuk memilih sasaran dan menetapkan bagaimana cara mencapainya. Oleh karena itu, perusahaan harus menetapkan tujuan dan sasaran yang hendak dicapai sebelum melakukan proses-proses perencanaan.Perencanaan merupakan tahapan paling penting dari suatu fungsi manajemen, terutama dalam menghadapi lingkungan ekternal yang berubah dinamis.
Salah satu maksud dibuat perencanaan adalah melihat program-program yang akan dijalankan untuk meningkatkan kemungkinan tercapainya tujuan-tujuan organisasi di waktu yang akan datang. Perencanaan organisasi harus aktif, dinamis, berkesinambungan dan kreatif, sehingga manajemen tidak hanya bereaksi terhadap lingkungannya, tapi lebih menjadi peserta aktif dalam dunia usaha.
Kegiatan dalam fungsi perencanaan:
1.       Menetapkan tujuan dan target pemasaran atau bisnis
2.       Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
3.       Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
4.       Menetapkan standar atau indikaor keberhasilan dan target bisnis
Pentingnya Perencanaan Dalam Manajemen :
1.       Tujuan menjadi jelas dan terarah
2.       Menolong mengidentifikasikan berbagai hambatan dan peluang
3.       Membantu pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif
4.       Perencanaan sendiri dapat diartikan aktivitas pengawasan
5.       Perencanaan juga membantu untuk mengurangi resiko dan ketidakpastian

Tingkatan Manajemen
Setiap manajer pada tingkat yang berbeda berurusan dengan hal-hal yang berbeda pula. Salah satu cara mengambarkan perbedaan itu adalah dengan mengelompokkan para manajer sebagai berikut:
1.       Kelompok Eksekutif
Para eksekutif menangani hubungan perusahaan dengan lingkungan luarnya.Mereka menangani persoalan-persoalan yang berkaitan dengan posisi perusahaan, kebutuhan pelanggan, dan masyarakat.
2.       Manajer Menengah
Memusatkan perhatian pada perencanaan dan menjaga pengoperasian sistem dan prosedur di dalam perusahaan.Tugas mereka adalah memastikan bahwa perusahaan beroperasi secara efektif dan efisien.Setiap unit bekerja secara sinkron untuk mencapai tujuan perusahaan.
3.          Manajer Supervisi
Para supervisor berurusan dengan pelaksanaan pekerjaan secara langsung dengan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas melalui pengarahan dan balikan (feedback) yang efektif dan efisien.
·         Pendekatan – Pendekatan dalam Perencanaan
1.       Bottom up approach, artinya penyusunan dimulai atau diusulkan dari bawah.
2.       Top down approach, artinya penyusunan dimuali atau ditetapkan dari atas.
3.       Interactive approach, yang berarti rencana disusun bersama-sama.
4.       Dual-level approach, yang berarti masing-masing menyusun rencana kemudian diselaraskan.
·         Alat – Alat Perencanaan
Alat-alat perencanaan merupakan teknik yang digunakan wirausahawan untuk membantu mengembangkan rencana-rencana. Adapun alat-alat perncanaan tersebut adalah :
1.       Peramalan (forecasting)
Adalah teknik prediksi terjadinya lingkungan masa depan yang akan mempengaruhi operasi organisasi. Arti penting dari peramalan terletak pada kemampuannya untuk membantu wirausahawan mengerti dengan lebih baik perbaikan masa depan dari lingkungan organisasional, yang pada gilirannya membantu wirausahawan untuk merumuskan rencana-rencana yang lebih efektif.
2.       Metode Analisa Runtun Waktu ( time series analysis method )
Metode analisia runtun waktu memprediksi penjualan dimasa mendatang dengan menganalisa hubungan historis antara waktu dan penjualan
3.       Penjadwalan (scheduling)
4.       Peta Gannt (Gannt Chart)
Peta Gannt adalah peralatan penjadwalan yang dikembangkan oleh Henry L. Gannt. Peta ini pada dasarnya berbentuk diagram balok (bar graph) dengan waktu pada sumbu horisontal dan sumber daya yang pada sumbu vertikal.
5.       Jalur Kritis (Critical Path)
Jalur kritis adalah rangkaian dari peristiwa dan aktivitas yang memerlukan periode waktu paling lama untuk diselesaikan.Jalur ini dinamakan jalur kritis karna penundaan pada waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan rangkaian ini akan menyebabkan penundaan pada proyek.

Kesimpulan
Perencanaan adalah proses menentukan bagaimana organisasi bisa mencapaitujuannya. Perencanaan adalah proses menentukan dengan tepat apa yang akan dilakukan organisasi untuk  mencapai tujuannya. Aktivitas perencanaan bisa dibagi menjadi dua:perencanaan taktis dan perencanaan strategis. Perencanaan strategis adalahperencanaan jangka panjang yang dipusatkan pada organisasi  secara keseluruhan.Perencanaan taktis adalah perencanaan jangka pendek yang menenkankan pada operasi berbagai bagian organisasi yang sedang berjalan,jangka pendek adalah kurun waktu kedepan yang berkisar satu tahun atau kurang.
Tiga pendekatan atau filasafat dasar untuk melaksanakan fungsi perencanaan adalah: Pendekatan probalitas tinggi, pendekatan maksimisasi, dan pendekatan adaptasi. Alat-alat perencanaan adalah teknik yang bisa di gunakan oleh wirausahawan untuk membantu mengembangkan rencana-rencana.

Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar